Jumat, 16 Agustus 2013

Bahaya gas freon bagi kesehatan




Tahukah anda apa itu freon ? freon adalah salah satu zat yang berfungsi /digunakan sebagai pendingin udara misalnya seperti ac ruangan / mobil dan juga kulkas.
jadi begini. Kmarin ane ngelihat tabung freon d kantor gan, "punya teknisi AC". Krna org awam, he langsung aje ane dekatin tuh tabung, biasalah, PDKT :D.. sempat sih d buka tabungny dan gas nya pada keluar.. trnyata tak sebau' kentut ane
hehehe.. walaupun kentutku bisa mencemarkan udara sekitar namun efek samping yang d timbulkan tak seburuk gas freon lo.. nah oleh karena itu kali ini sya mau ngebahas mengenai "bahaya gas freon bagi kesehatan". namun brhubung bukan ahli nya ane mmbhas kulit-kulitnya saja.



Refrigerant atau yang sering kita sebut Freon adalah cairan yang menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang lebih tinggi. Dalam industri HVAC refrigerant diberi nama dagang dikenal sebagai " nama R". Contoh nama-nama ini adalah R22, R134a, dan R502. Nama-nama ini membantu untuk menggambarkan berbagai jenis refrigerant. Refrigerant memiliki berbagai susunan kimia dengan sifat-sifat yang berbeda. 

Ada tiga susunan utama refrigeran yang digunakan pada saat ini yaitu :

1. Refrigerant fluorocarbon terhidrogenasi (HFC), yang terdiri dari hidrogen, fluorin, dan karbon.
Karena mereka tidak menggunakan atom klor (yang digunakan dalam sebagian besar refrigerant) mereka dikenal sebagai salah satu yang paling merusak lapisan ozon kita.
2. Terhidrogenasi klorofluorokarbon refrigeran (HCFC), yang terdiri dari hidrogen, klorin, fluorin, dan karbon. Refrigeran ini mengandung jumlah minimal klorin, yg tidak merusak lingkungan karena berbeda dari refrigeran lain.
3. Refrigerant chlorofluorocarbon (CFC), yang mengandung klorin, fluorin dan karbon.
Refrigerant ini membawa jumlah kaporit yang tinggi sehingga dikenal sebagai refrigerant yang paling berbahaya untuk merusak lapisan ozon.


 "Freon AC bisa jadi sangat mematikan," kata teknisi AC Lynn Morric dari Morris Mechanical pada WCNC di Charlotte, NC. Efek pertama akibat keracunan klorofluorokarbon, menurut UMMC. Gejala2 nya adalah pembengkakan tenggorokan, kehilangan penglihatan, sulit bernapas, membakar mata, hidung dan lidah, luka bakar pada kerongkongan, muntah darah, nyeri perut yang parah, darah dalam tinja, irama jantung abnormal dan peredaran darah.

Translate